Jumat, 15 Oktober 2010


Transfer pricing effects and trade-offs
Manager di level yang berbeda seringkali mencoba untuk mencapai tujuan yang berbeda melalui kebijakan transfer harga mereka. Seperti contoh:
-          Corporate manager: mendorong manager divisi untuk membuat keputusan yang memaksimalkan profitabilitas jangka panjang perusahaan dan menyediakan informasi sehingga manajer dapat membuat keputusan jangka panjang dan pendek
-          Division manager: menampilkan kinerja finansial divisi mereka dan mencerminkan hasil dari keputusan bisnis yang bagus didalam divisi.
-          Financial staffs: transfer price diharapkan tetap sederhana dan dapat dipercaya juga mudah digunakan dan dijelaskan.

Walaupun profit perusahaan sama, metode harga transfer yang berbeda mengalokasikan jumlah profit yang berbeda antara divisi penjual dan pembeli. Kasus-kasus dapat terjadi ketika produk ditransfer antar divisi di satu perusahaan namun berbeda negara. Manager harus memastikan transfer price mereka tetap mencerminkan nilai yang telah diciptakan oleh setiap bisnis unit di negara berbeda. Sebenarnya transfer pricing bukanlah masalah serius selama manager awas terhadap distorsi dan efek insentif.  

Tidak ada komentar: