Transfer pricing effects and
trade-offs
Manager di level yang berbeda seringkali mencoba untuk
mencapai tujuan yang berbeda melalui kebijakan transfer harga mereka. Seperti
contoh:
-
Corporate
manager: mendorong
manager divisi untuk membuat keputusan yang memaksimalkan profitabilitas jangka
panjang perusahaan dan menyediakan informasi sehingga manajer dapat membuat
keputusan jangka panjang dan pendek
-
Division
manager: menampilkan
kinerja finansial divisi mereka dan mencerminkan hasil dari keputusan bisnis
yang bagus didalam divisi.
-
Financial
staffs: transfer price
diharapkan tetap sederhana dan dapat dipercaya juga mudah digunakan dan
dijelaskan.
Walaupun profit perusahaan sama, metode harga transfer
yang berbeda mengalokasikan jumlah profit yang berbeda antara divisi penjual
dan pembeli. Kasus-kasus dapat terjadi ketika produk ditransfer antar divisi di
satu perusahaan namun berbeda negara. Manager harus memastikan transfer price
mereka tetap mencerminkan nilai yang telah diciptakan oleh setiap bisnis unit
di negara berbeda. Sebenarnya transfer pricing bukanlah masalah serius selama
manager awas terhadap distorsi dan efek insentif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar