Dalam alat analisa di atas, ada 5 aspek yang harus
kita pertimbangkan untuk menentukan bagaimana posisi kita di dalam suatu
industri. Dan kita ingin menentukan apa saja kesempatan yang kita miliki untuk
dimaksimalkan dan apa saja ancama-ancaman yang kita miliki untuk diminimalisir.
- PESAING
Untuk mengetahui posisi kita di dalam
suatu industri, kita harus mengetahui siapa saja pesaing kita dalam dunia
usaha. Kita harus mengetahui berapa banyak pemain usaha yang berada dalam
industri yang sama dengan kita. Serta kita harus melihat bagaimana kita
berinteraksi dengan para pesaing kita agar kita mampu mencapai tujuan
perusahaan.
- HAMBATAN MASUK KE PASAR
Kita harus mengetahui bagaimana
industri tersebut membatasi pemain baru untuk keluar masuk pasar. Jika memang
mudah untuk keluar masuk pasar, maka kita harus menyusun strategi yang berbeda
dibandingkan jika kita bermain di pasar yang memang memiliki peraturan yang
ketat jika ingin keluar masuk pasar.
- PELANGGAN
Kita harus melihat siapa pelanggan
kita dan bagaimana kekuatan dari pelanggan kita. Jika pemain dalam pasar hanya
sedikit, maka bargaining power dari
pelanggan terhadap kita sangatlah lemah. Namun jika pemain dalam pasar banyak,
maka bargaining power dari pelanggan
sangatlah tinggi sehingga kita harus hati-hati dalam bertindak kepada konsumen
agar mereka tidak beralih dari kita.
- PEMASOK
Jika kita lihat bahwa supplier
memegang peranan yang sangat penting bagi perusahaan, dengan adanya supplier
maka perusahaan mampu menjalankan usahanya, terutama bagi perusahaan
manufaktur. Jika kita lihat bahwa apabila bargaining
power supplier besar, maka perusahaan kita harus berhati-hati agar supplier
tadi tidak beralih untuk menjadi pemasok di perusahaan pesaing kita.
- SUBSTITUSI PRODUK
Semakin banyak substitusi produk dari
barang yang kita jual, maka persaingan akan semakin ketat. Maka dari itu
perusahaan harus mampu bersaing menghasilkan produk dengan kualitas terbaik
yang dimilikinya. Dengan memiliki produk dengan kualitas yang baik, maka
perusahaan akan mampu mencapai tujuan perusahaannya.
Dengan analisis kelima komponen diatas,
dapat kita simpulkan bahwa berbagai kesempatan dan juga ancaman yang dihadapi
perusahaan akan mudah terlihat dari hasil analisis tersebut. Dengan mengetahui
apa saja kesempatan dan ancaman yang dimiliki oleh perusahaan, maka kita dapat
menentukan strategi apa yang paling cocok untuk memaksimalkan kesempatan yang
kita miliki dan meminimalkan ancaman-ancaman yang kita hadapi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar