Sabtu, 16 Oktober 2010

Michael Porter 5 Forces (5 tekanan pasar)


Dalam alat analisa di atas, ada 5 aspek yang harus kita pertimbangkan untuk menentukan bagaimana posisi kita di dalam suatu industri. Dan kita ingin menentukan apa saja kesempatan yang kita miliki untuk dimaksimalkan dan apa saja ancama-ancaman yang kita miliki untuk diminimalisir.

  1. PESAING
Untuk mengetahui posisi kita di dalam suatu industri, kita harus mengetahui siapa saja pesaing kita dalam dunia usaha. Kita harus mengetahui berapa banyak pemain usaha yang berada dalam industri yang sama dengan kita. Serta kita harus melihat bagaimana kita berinteraksi dengan para pesaing kita agar kita mampu mencapai tujuan perusahaan.

  1. HAMBATAN MASUK KE PASAR
Kita harus mengetahui bagaimana industri tersebut membatasi pemain baru untuk keluar masuk pasar. Jika memang mudah untuk keluar masuk pasar, maka kita harus menyusun strategi yang berbeda dibandingkan jika kita bermain di pasar yang memang memiliki peraturan yang ketat jika ingin keluar masuk pasar.

  1. PELANGGAN
Kita harus melihat siapa pelanggan kita dan bagaimana kekuatan dari pelanggan kita. Jika pemain dalam pasar hanya sedikit, maka bargaining power dari pelanggan terhadap kita sangatlah lemah. Namun jika pemain dalam pasar banyak, maka bargaining power dari pelanggan sangatlah tinggi sehingga kita harus hati-hati dalam bertindak kepada konsumen agar mereka tidak beralih dari kita.

  1. PEMASOK
Jika kita lihat bahwa supplier memegang peranan yang sangat penting bagi perusahaan, dengan adanya supplier maka perusahaan mampu menjalankan usahanya, terutama bagi perusahaan manufaktur. Jika kita lihat bahwa apabila bargaining power supplier besar, maka perusahaan kita harus berhati-hati agar supplier tadi tidak beralih untuk menjadi pemasok di perusahaan pesaing kita.

  1. SUBSTITUSI PRODUK
Semakin banyak substitusi produk dari barang yang kita jual, maka persaingan akan semakin ketat. Maka dari itu perusahaan harus mampu bersaing menghasilkan produk dengan kualitas terbaik yang dimilikinya. Dengan memiliki produk dengan kualitas yang baik, maka perusahaan akan mampu mencapai tujuan perusahaannya.

Dengan analisis kelima komponen diatas, dapat kita simpulkan bahwa berbagai kesempatan dan juga ancaman yang dihadapi perusahaan akan mudah terlihat dari hasil analisis tersebut. Dengan mengetahui apa saja kesempatan dan ancaman yang dimiliki oleh perusahaan, maka kita dapat menentukan strategi apa yang paling cocok untuk memaksimalkan kesempatan yang kita miliki dan meminimalkan ancaman-ancaman yang kita hadapi.

Tidak ada komentar: