Sabtu, 16 Oktober 2010

Siklus Hidup Organisasi


Stage 1 : Start-Up
Tahap pertaman dalam evolusi organisasi yakni start-up period di mana sebuah usaha sedang antusias mengenai produk atau jasa baru. Yang menjadi tolak ukur disini adalah pertumbuhan pendapatan serta arus kas yang baik agar bisa bertahan. Dalam tahapan ini juga diperlukan karyawan dalam jumlah yang lebih banyak untuk memasarkan produk secara lebih luas. Dalam tahun pertama suatu bisnis, diperlukan sedikit sistem pengendalian yang formal. Meski usaha sekecil apapun, internal kontrol tetap diperlukan untuk memastikan bahwa informasi akuntansi yang dihasilkan dapat dipercaya.

Stage 1I : Rapid Growth
Saat pertumbuhan terus terjadi dan terjadi secara cepat, berbagai cabang dibuka dan berbagai produk baru diluncurkan. Untuk mengurangi berbagai masalah dan terutama untuk meningkatkan efisiensi, manager membuat unit kerja fungsional di masing-masing area cabang. Manajer menetapkan tujuan, budgeting, dan insentif untuk manajer fungsional yang melakukan sistem ini.

Stage I1I : Maturity
Pada tahap ini, bisnis sudah sangat besar, matang dan kompleks. Perusahaan sudah memiliki beberapa divisi dan sudah berkompetisi dalam beberapa produk yang beragam. Dengan demikian perusahaan berusaha untuk mengumpulkan berbagai bisnis berdasarkan produk yang dijual, wilayah atau pelanggan. Jumlah karyawan pun ditambah untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan.



Tidak ada komentar: