Sabtu, 16 Oktober 2010

Strategi 4P


  1. Strategy as prespective
Dalam hal ini dimana sebuah perusahaan harus menetapkan misi dari perusahaannya. Kalimat pernyataan misi ini biasanya dinyatakan dalam sebuah kalimat yang padat ringkas dan jelas sehingga mudah dimengerti oleh setiap orang yang membacanya.

  1. Strategy as position
Dimana perusahaan harus memposisikan bisnis yang dijalankannya. Ada dua pertanyaan yang harus mampu dijawab yakni :
·         Bagaimana perusahaan menciptakan nilai bagi para pelangannya
·         Bagaimana perusahaan melakukan diferensiasi produk agar berbeda dengan pesaingnya

  1. Strategy as Plan
Setelah menetapkan misi kemudian memposisikan bisnis kita, maka kita harus menetapkan apa sebenarnya tujuan yang perusahaan ingin capai. Tujuan perusahaan ini merupakan tujuan baik jangan pendek maupun jangka panjang. Agar suatu tujuan perusahaan dapat tercapai, maka tujuan tersebut harus mampu dikomunikasikan pada seluruh orang yang ada dalam perusahaan.

  1. Strategy as Patterns in Action
Setelah semua sudah direncanakan dengan baik, semua rencana tersebut tidak akan ada artinya apabila tidak diimplementasikan dengan baik dalam kehidupan nyata. Semua strategi yang sudah disusun harus dijalankan dalam rangka mencapai tujuan yang ingin perusahaan capai. 

Tidak ada komentar: