Jumat, 15 Oktober 2010

Sejarah British Petroleum


Perusahaan yang bergerak di bidangn perminyakan yang di dirikan tahun 1908 sebagai Anglo-Persian Oil Company dan pada awalnya hanya memiliki satu sumur di daerah terpencil di Persia setelah pencarian selama 8 tahun. Pada akhirnya kemudian berkembang menjadi perusahaan terbesar di Inggris dan menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Mempekerjakan lebih dari 100.000 orang di lebih dari 100 negara.

Industri ini, sebenarnya selalu menghadapi resiko yang besar, karena biasanya terletak di negara yang secara politik dan sosial, tidak stabil. Akhirnya BP merasa bahwa bisnis ini tidak bisa hanya fokus pada minyak saja, karena secara jangka panjang kurang baik. Maka dari itu BP berusaha untuk menekan kerugian dengan mengeluarkan uang yang banyak untuk mengeksplorasi cadangan minyak baru, pengolahan minyak serta pendistribusian minyak, dan juga mendiversifikasi ke teknologi generasi energi yang terbaharui. 

Oil Refining and Marketing
Mengubah dari minyak mentah ke bensin, kerosin, oli mesin dan lain-lain yang dijual dengan jaringan distribusi di lebih dari 25.000 pom bensin atau penjual lainnya. Bagian ini adalah bagian yang cukup kompleks dan butuh permodalan yang cukup tinggi.

Gas, Power, and Renewables
Di tahun 2005, telah berhasil meluncurkan inisiatif low carbon energy. Selain itu di tahun 2006, BP mengklaim dirinya menjadi world leader di dalam generasi energi matahari, angin dan gas bumi ditambah dengan rencana baru mengenai riset R&D hidrogen. 


Tidak ada komentar: