Waktu
untuk peninjuan
Setelah auditor
menyusun draft laporannya, auditor harus menyusun daftar pihak-pihak yang akan
meninjau draft. Auditor dan supervisor auditor menentukan siapa yang akan
meninjau draft laporan dan urutan peninjau. Pihak yang pertama kali meninjau
adalah pihak yang terlibat secara langsung atau terpengaruh oleh laporan.
Setelah itu, draft dapat diduplikasikan dan dikirim ke pihak yang
berkepentingan lainnya. Transmittal memo harus mengidentifikasikan laporan,
menunjukkan pihak mana saja yang telah meninjau laporan tersebut, mengajukan
tawaran untuk mendiskusikan laporan secara langsung, serta tanggal pengembalian
laporan.
Tinjauan
laporan audit konkuren
Setelah suatu temuan
audit sudah pasti, staff audit kemudian menyusun laporan temuan dalam bahasa
yang akan digunakan pada laporan audit dan menambahkan detail yang akan ada
dalam laporan audit penuh. Elemen yang ada dalam permohonan tinjauan audit
konkuren antara lain: operasi yang diaudit, pihak yang bertanggung jawab,
penghubung audit, tanggal mulai audit, tanggal permohonan untuk tinjauan,
detail dari temuan (kriteria yang
digunaan, kondisi yang ditemukan, penyebab, dampak, rekomendasi), auditor
pemimpin. Keuntungan dari klien menerima laporan interim lebih awal adalah ada
waktu yang cukup untuk mengatasi perbedaan dan membantu klien untuk mendesain
rekomendasi.
Kendig menyarankan
metode untuk mengurangi konflik atas rekomendasi auditor. Menurut Kendig,
rekomendasi tidak disusun oleh auditor melainkan klien sendiri. Auditor ketika
menerbitkan laporan audit hanya memasukkan temuan audit tanpa rekomendasi.
Dalam surat transmittal, klien
ditanyakan untuk meberikan dua alternatif cara untuk mengatasi temuan dan
menunjukkan mana yang lebih baik. Auditor kemudian mengevaluasi rekomendasi
dari klien dan memutuskan untuk setuju atau tidak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar