Jumat, 15 Oktober 2010

Temuan, Laporan, dan Rekomendasi Audit


Waktu untuk peninjuan
Setelah auditor menyusun draft laporannya, auditor harus menyusun daftar pihak-pihak yang akan meninjau draft. Auditor dan supervisor auditor menentukan siapa yang akan meninjau draft laporan dan urutan peninjau. Pihak yang pertama kali meninjau adalah pihak yang terlibat secara langsung atau terpengaruh oleh laporan. Setelah itu, draft dapat diduplikasikan dan dikirim ke pihak yang berkepentingan lainnya. Transmittal memo harus mengidentifikasikan laporan, menunjukkan pihak mana saja yang telah meninjau laporan tersebut, mengajukan tawaran untuk mendiskusikan laporan secara langsung, serta tanggal pengembalian laporan.

Tinjauan laporan audit konkuren
Setelah suatu temuan audit sudah pasti, staff audit kemudian menyusun laporan temuan dalam bahasa yang akan digunakan pada laporan audit dan menambahkan detail yang akan ada dalam laporan audit penuh. Elemen yang ada dalam permohonan tinjauan audit konkuren antara lain: operasi yang diaudit, pihak yang bertanggung jawab, penghubung audit, tanggal mulai audit, tanggal permohonan untuk tinjauan, detail dari temuan (kriteria  yang digunaan, kondisi yang ditemukan, penyebab, dampak, rekomendasi), auditor pemimpin. Keuntungan dari klien menerima laporan interim lebih awal adalah ada waktu yang cukup untuk mengatasi perbedaan dan membantu klien untuk mendesain rekomendasi.

Kendig menyarankan metode untuk mengurangi konflik atas rekomendasi auditor. Menurut Kendig, rekomendasi tidak disusun oleh auditor melainkan klien sendiri. Auditor ketika menerbitkan laporan audit hanya memasukkan temuan audit tanpa rekomendasi. Dalam surat transmittal, klien ditanyakan untuk meberikan dua alternatif cara untuk mengatasi temuan dan menunjukkan mana yang lebih baik. Auditor kemudian mengevaluasi rekomendasi dari klien dan memutuskan untuk setuju atau tidak.

Tidak ada komentar: