Jumat, 15 Oktober 2010

Laporan Internal Audit


            Temuan audit dan opini auditor sangat penting bagi manajemen. Kesimpulan yang obyektif dapat memudahkan manajemen mengenai aktivitas yang berfungsi dengan baik, dan rekomendasi dapat memberikan signal bagi manajemen terhadap hal-hal yang membutuhkan perbaikan.

            Tetapi manajemen mau untuk mendengar dan membaca laporannya. Agar komunikasi efektif, sumbernya harus jelas dan mediumnya harus tajam dan mudah dimengerti, serta isinya haruslah material. Sebaik apapun teknik audit yang digunakan, jika laporannya buruk, auditor tidak mampu mendapatkan perhatian penuh menajemen.

            Internal auditor juga tidak boleh lupa bahwa ada unsur maketing dalam memberikan laporannnya ke manajemen. Dengan demikian, internal auditor harus mampu untuk bertindak persuasive- secara teknik untuk memotivasi maupun secara style yang mereka pilih- . Mereka harus mampu menyorot orientasi manajemen. Hal yang penting disini adalah bahwa auditor harus secara cerdas menunjukkan kebutuhan manajemen untuk mengambil suatu tindakan, menjelaskan tindakan tersbut, keuntungan jika dijalankan dan kerugian jika tidak. Sehingga pada akhirnya manajemen akan merasa bahwa laporan audit adalah sesuatu yang valuable, dan merasa membutuhkan laporan audit. Jika hal ini terjadi, auditor sudah mencapai salah satu tujuannya yaitu berkontribusi bagi organisasi, menjadi bagian dalam majelis manajemen, dan mempunyai akses kepada “telinga” manajemen.  

Marketing Audit Report bertujuan untuk memotivasi penerima laporan sehingga akhirnya menginginkan laporan. Keinginan untuk menerima laporan dapat ditumbuhkan melalui:
  • Menjelaskan proses audit sebagai sebuah tambahan ke manajemen
  • Mendeskripsikan profesionalisme dari staf audit
  • Mengidentifikasi anatomi temuan audit
  • Membuat daftar keuntungan apa saja yang bisa didapat dari memanfaatkan laporan audit
  • Menjelaskan bagaimana manajemen dapat mendapatkan bantuan dari staf audit untuk membantu menyelesaikan masalah mereka

Tidak ada komentar: