Jumat, 15 Oktober 2010

Corporate Performance from the Perspective of Financial Markets.



Dari cara pandang para pemegang saham, kinerja perusahaan terlihat dari kenaikan nilai moneter dan financial return dari investasi mereka dan ini dapat di ukur berdasarkan perubahan harga saham tiap harinya. Manager harus memastikan kalau financial returns yang diciptakan oleh keuntungan yang berkelanjutan pada bisnis mereka telah memenuhi ekpektasi pemilik dan pemilik yang potensial. Untuk menguji value yang diciptakan, manager harus mengawasi 4 financial measure:

a.       Profit. Profit mengukur seberapa banyak pendapatan yang diterima dari pelanggan untuk barang dan jasa  yang tersedia untuk diinvestasikan lagi.
Accounting profit: revenue for period – expense for period
b.      Return on investment. ROI mmenghitung investasi yang dibuat oleh pemilik untuk mendukung profit sehingga semakin tinggi tingkatan profit  dalam level investasi yang dapat di ekspektasikan untuk menghasilkan financial return dan menaikkan nilai pasar.
ROI= Accounting profit / investment in business
Dalam merancang pengukuran ROI atau ROCE manager harus membuat 2 keputusan. Pertama, mereka harus menentukan akun apa dari balance sheet untuk dimasukkan kedalam bagian asset. Kedua, keputusan dari metode penilaian untuk asset yang terdepresiasi. Haruslah berhati-hati dalam menterjemahkan rasio yang bergantung pada data balance sheet.
c.       Residual income. Mengukur pembuatan nilai dnegan mempertimbangkan seberapa banyak profit investor yang diharapkan untuk dikumpulkan. Selain itu residual income mengukur seberapa banyak tambahan profit untuk (1) investasi bisnis atau (2) pembagian kepada pemilik setelah ROI. Residual income dikenal sebagai economic value added.
d.      Market value. Adalah harga dimana saham perusahaan didagangkan di pasar terbuka. Market value merupakan penghitungan dari value creation karena hal ini menampilkan nilai dari hak kepemilikan. Market value berfluktuasi sesuai dengan persepsi investor.
Total market value= number of ownership shares outstanding/ price per share

Tidak ada komentar: