Jumat, 15 Oktober 2010

Mengembangkan tujuan dan pengukuran untuk variabel proses kinerja internal.


Manager mengidentifikasi proses internal dimana seharusnya organisasi menerapkan strategi dengans empurna. Pengukur proses bisnis internal harus focus pada internal proses yang akan memberikan hasil terbaik pada kepuasan konsumen dan mencapai tujuan keuangan organisasi. Model Internal value chain menyediakan template kepada organisasi sehingga dapat dengan mudah merancang objectives and measurement dalam perspektif proses bisnis internal mereka. Terdapat 3 prinsip bisnis proses di dalam internal value chain yaitu proses inovasi, proses operasional, proses pelayanan setelah penjualan.

Proses inovasi. manager mencari kebutuhan konsumen lalu menciptakan produk baru yang memenuhi kebutuhan. Perusahaan mengidentifikasikan pasar baru, konsumen barud an kebutuhan dari konsumen yang sudah ada. Lalu perusahaan menciptakan dan mengembangkan produk baru yang dapat dicapai konsumen. Manager harus melakukan penelitian pasar untuk mengidentifikasi ukuran pasar dan nature dari kecenderungan konsumen dan sensitifitas harga.

        Proses operasional. Operasional bermula dari menerima pemesanan dari konsumen dan    menyelesaikan dengan mengantarkan barang kepada konsumen. Proses ini menekankan pada efisiensi, konsistensi, dan waktu pengantaran produk kepada konsumen yang sudah ada. Dewasa ini, kesempurnaan operasional dan pengurangan biaya merupakan tujuan yang penting. Dahulu proses operasional telah di awasi dan di control oleh pengukuran keuangan seperti standart cost. Seiring berjalannya waktu, pengukuran berfokus pada efisiensi pekerja, efisiensi mesin, dan purchase price variance yang terkadang mengarahkan kepada kesalahan. 

Tidak ada komentar: