Rabu, 19 November 2008

Sejarah uud45


-BPUPKI dibentuk lalu disusun rancangan uudnya lalu soekarno mengusulkan tentang dasar Negara yang bernama pancasila.lalu BPUPKI membentuk panitia kecil untuk menyempurnakan rumusan dasar Negara.lalu piagam Jakarta dirancang,nah dari piagam Jakarta tadi menjadi pembukaan uud 45 dan akhirnya pada 18 agustus 1945.

Amandemen

-amandemen adalah penambahan atau perubahan dalam suatu konstitusi yang tidak dipisah dari naskah aslinya,dan naskah aslinya diletakan di tempat yang bersangkutan.

Amandemen uud45 telah terjadi 4 kali:1.sidang umum MPR tahun 1999

2.sidang tahunan MPR tahun 2000

3.sidang tahunan MPR tahun 2001

4.sidang tahunan MPR tahun 2002

Dampak reformasi

-Dampak positif:aspirasi masyarakat lebih ditampung,hak hak masyarakat lebih tidak terbatas

Dampak negative:budaya luar lebih gampang masuk tanpa saringan yang lebih kuat,maksudnya adalah budaya negative dari luar yang bias masuk ke Negara kita lebih mungkin terjadi

Solusi dari dampak negative ini adalah kita harus berpikir lebih kritis,agar tidak semua budaya jelek masuk ke kita.

Pelaksanakan uud45

-mencerminkan penggambaran dari satu pengorbanan untuk mencapai kemerdekaan yang dimulai tahun 1945 sampai tahun 1949lalu pelaksanaan uud 45 dilaksanakan lagi pada tahun 1959-1966 karena adanya dekrit presiden,lalu mulai dilaksanakan lagi tahun 1966 sampai tahun 1998

1 komentar:

ReBorn mengatakan...

nah, yang unik adalah pas pembuatan teks proklamasi. padahal bpupki udah ngebuat rancangan proklamasi, tapi ngpain ya mereka (soekarno dkk) harus bikin lagi? kantor bpupki juga ga jauh dari rumah laksama maeda (tempat pembuatan teks proklamasi). dan isinya pun lebih bagus dari pada teks proklamasi yang dibuat sama soekarno dkk.

sekarang rancangan proklamasi yang dibuat oleh bpupki dijadikan sebagai pembukaan UUD 45.

cheers.