Rabu, 19 November 2008

Pengetahuan dan ilmu pengetahuan

-bagaimana munculnya pengetahuan?

Pengetahuan muncul karena adanya gejala,bagi manusia,gejala itu dapat berupa apa saja,apa yang berasal dari yang dialami,pengamatan indrawi,observasi yang cermat secara empiris dan rasional.dari situ manusia mulai mengembangkan pikirannya dari pengalamannya,

-bagaimana munculnya ilmu pengetahuan?

Ilmu pengetahuan muncul karena adanya pengalaman manusia ketika dia mendapatkan pengetahuan tertentu melalui proses yang khusus.contohnya,Newton dia mendapatkan teori gravitasi dalam ilmu fisika ketika dia sedang duduk di taman dan melihat apel yang jatuh.pengalaman tentang sesuatu itulah yang membuat manusia menciptakan teori teori atau dalil dalil baru tertentu.

Ilmu empiris

-ilmu empiris adalah ilmu yang bertolak pada pengalaman indrawi.tujuan dari ilmu ini adalah untuk penelitian,nah dari pengamatan tadi kita mendapat hasil,hasil dari pengamatan itu berupa data awal yang harus dicatat dengan cermat.hasil pengamatan itu akan kelak sangat berguna bagi hasil analisis penelitian.

Revolusi ilmu pengetahuan

-sebenarnya arti revolusi pengetahuan bagi kita sekarang dapat diartikan sebagai sebuah revolusi tentang perubahan cara berpikir serta persepsi manusia dalam mendapat pengetahuan baru.

Filsafat ilmu

-filsafat ilmu atau filsafat ilmu pengetahuan berasal dari tradisi filsafat barat.sekitar abad XIX dan diperkenalkan oleh sekelompok ahli ilmu pengetahuan kealaman yang berasal dari universitas wina,maka filsafat ilmu menjadi pelajaran dari universitas tersebut.

Sekarang filsafat ilmu telah menjadi lebih modern.beberapa bidang ilmu membutuhkan tentang proses kerja yang lebih spesifik,lalu dari situ munculah filsafat kedokteran,filsafat ilmu social dan lain lain.

Tidak ada komentar: